INI AKIBATNYA JIKA KITA MEMBIARKAN ANAK BERMAIN LEGO

TERNYATA INI YANG TERJADI JIKA KITA MEMBIARKAN ANAK KITA BERMAIN LEGO

Dalam bermain menggunakan lego, anak bisa belajar melalui 'membuat sesuatu' (learning by doing). Dengan diberi kesempatan untuk selalu mencoba hal-hal baru, bereksplorasi, anak akan banyak memperoleh pengalaman yang baru. Inilah yang disebut dengan PROSES BELAJAR yang sebenarnya.
Anak akan belajar melalui panca inderanya. Semakin banyak panca indera yang dilibatkan, semakin banyak pula informasi yang diterimanya. Di sinilah proses belajar itu terjadi. Anak belajar melalui bahasa dengan cara memberikan kesempatan pada mereka untuk mengemukakan perasaannya, pengalaman yang diperolehnya atau pemikirannya melalui bercerita (Story Telling). Selain mengembangkan kreativitasnya melalui permainan lego dalam kelompok, anak juga dapat meningkatkan kemampuan bersosialisasi dengan teman2 sebaya maupun lintas usia yang berada dalam keompok belajarnya.
Selain teman sebaya agar memperoleh hasil yang maksimal dalam bermain, maka guru perlu mendampingi dan memfasilitasi anak untuk belajar bersabar, mengendalikan diri dan tidak cepat putus asa dalam mengerjakan sesuatu.
Oleh karena pentingnya pengembangan kognitif, pribadi maupun sosial anak, maka dengan mengikutsertakan anak dalam kegiatan sekolah diharapkan dapat memfasilitasi potensi anak secara optimal.

sumber : www.roboticsindonesia.com

0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
ROBOTICS® Kota Wisata © 2010 | Designed by Trucks, in collaboration with MW3, Broadway Tickets, and Distubed Tour