Advantage
Curriculum
Kurikulum REC merupakan aplikasi dari kurikulum Lego Educationyang diolah dan disusun untuk semua pengajar dengan metode interaktif, team work dan kompetitif sehingga mampu mendukung pengetahuan dan kemapuan anak khususnya di bidang fisika (science) dan programming.
Kurikulum REC mencakup materi yang mengembangkan kemampuan anak dalam hal imajinasi,kreativitas,problem seeking,teamwork,logic thingking dan pengertian tehnologi
- REC melengkapi anak dengan cara mengasah motorik halus serta melatih koordinasi mata dan tangan
- REC Memiliki kurikulum yang mendukung kemampuan seni ( kreativitas, imajinasi, disain, estetika ) dan perkembangan social, mental dan emosional anak : ( kesabaran, ketekunan, komunikasi, percaya diri dan team work )
- REC memperkenalkan science dan technology (aplikasi sederhana, struktur dan kekuatan prisip kerja mekanik).
- REC memeakai Lego Education sebagai tools dan student report sebagai media dan worksheet sebagai lembar kerja siswa.
- REC berorientasi pada implementasi praktis, bukan hanya teori.
- REC melatih anak menjadi problem solver dan problem seeker
- REc memiliki ruang belajar yang representative untuk mendukung perkembangan anak
- REC mengadakan Robotics National Compettion (RNC) dan berperan aktif dalam International Robotics Olympiade (IRO) dan World Robotics Olympiade (WRO).
Curriculum
Kurikulum REC merupakan aplikasi dari kurikulum Lego Educationyang diolah dan disusun untuk semua pengajar dengan metode interaktif, team work dan kompetitif sehingga mampu mendukung pengetahuan dan kemapuan anak khususnya di bidang fisika (science) dan programming.
Kurikulum REC mencakup materi yang mengembangkan kemampuan anak dalam hal imajinasi,kreativitas,problem seeking,teamwork,logic thingking dan pengertian tehnologi
LEVEL – LEVEL ROBOTICS EDUCATION CENTRE ( REC )
1. LEVEL BEGINER : MOSAIC ( 4 – 6 Tahun )
Anak di ajarkan berimajinasi dengan menggunakan tool brick, level ini terbagi atas 3 bagian yaitu 1 Dimensi, 2 Dimensi dan 3 Dimensi.
Adapun tujuan dari level ini adalah untuk melatih kreatifitas, motorik halus, pengenalan warna, berhitung dan imajinasi anak.
2. LEVEL BASIC : FUN WITH MACHINE ( 7 – 8 Tahun )
Anak di kenalkan dengan mekanika sederhana, sehingga anak tersebut merasa nyaman belajar mekanika dan menjadi bekal untuk level Mechanical Engeneering.
Adapun tujuan dari level ini adalah untuk mengenalkan fisika dasar, fungsi dari benda – benda mekanik seperti : Gear, Pully, Axle, Wheels, and Levers dengan metode yang menarik dan menyenangkan.
3. LEVEL PRA INTERMEDIATE : WEDO ( ≥ 8 Tahun )
Anak di kenalkan pada komputer, jadi di level ini fisika dasar yang di ajarkan di level basic diterapkan dengan menggunakan komputer dan memakai program yang sederhana
4. LEVEL INTERMEDIATE : MECHANIC ENGINEERING ( > 9 Tahun )
Anak diajarkan untuk menginvestigasi hal-hal yang berkaitan dengan mekanika sebagai bekal memasuki Level Programming dan dikenalkan dengan penggunaan motor addon ( motor DC ). Adapun bentuk – bentuk yang di pelajari pada level ini dapat di lihat pada benda- benda sekitar kita, misalnya : turn tile, conveyor belt, dll
5. LEVEL ADVANCE : PROGRAMMING ( > 9 Tahun )
Di level ini anak akan di kenakan dengan brain ware yang di kenal denagn nama NXT Lego, Sensor – sensor, dan Motot Servo. Disini diajarkan membuat program yang lebih mudah dengan menggunakan NXT-G, sehingga tidak membutuhkan coding lagi dalam menggerakan robot.
Level Mekanik :
Merakit dan mengeksplorasi prinsip mekanik dan mesin yang ada di kehidupan nyata.
Menyelidiki mesin yang digerakkan dengan motor.
Mengeksplorasi mekanisme gear dengan bermacam model gear termasuk gear differensial
Melakukan percobaan tentang gaya keseimbangan
Melakukan percobaan tentang gaya gesek, potensial
Menyerap, menyimpan dan memindahkan energi
Mempelajari jarak, waktu, kecepatan dan berat
Investigasi tenaga mesin dan gerakan, kecepatan dan kekuatan daya tarik
|
Level Programming :
Memperkenalkan anak pada fungsi dan cara kerja sensor - sensor, motor, servo dan microcontroller
Pengembangan solusi, memilih, merangkai, mengetes dan mengevaluasi kerja suatu robot
Pengungkapan gagasan untuk mendapatkan solusi alternative yang kreatif
Belajar untuk berkomunikasi, berbagai ide dengan bekerja sama
|
0 comments:
Post a Comment